Kewirausahaan: Motivasi Usaha Oleh Nur Iza Citra Amalia Pemilik Izara Batik

TIK FIP | 25 Jun 2020

Motivasi Usaha Oleh Nur Iza Citra Amalia (Pemilik Izara Batik)

Selasa, 23 Juni 2020. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta menyelenggarakan kegiatan "Bincang PBSI dengan Pengusaha Muda dari Pekalongan" sebagai penutup mata kuliah Kewirausahaan. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa PBSI melalui aplikasi Zoom.

Narasumber pada kegiatan ini adalah pengusaha muda dan cantik dari Pekalongan yang bergerak dibidang batik. Nur Iza Citra Amalia beliau wanita muda kelahiran Brebes tahun 1989, anak dari seorang petani, yang menekuni usaha batik dengan merk “Izara Batik”. Izara batik berkembang pesat menjadi salah satu usaha yang telah berkelas nasional dan beromset ratusan juta.

Dunia usaha telah dijalankan kurang lebih selama 12 tahun, ketika masih di bangku kuliah yaitu pada tahun 2007. Berawal dari keisengan menawarkan baju kuliah pada teman-temannya, menjadi pintu pembuka rezeki bagi Citra. Dari hal ini beliau melihat peluang bisnis. Disaat teman seusianya berbelanja baju untuk dirinya, Citra berbelanja baju untuk dijual kembali. Setelah lulus kuliah dan kembali ke Brebes usaha baju masih ditekuninya. Terjun ke dunia batik ditekuni Citra ketika hijrah mengikuti suami ke Pekalongan. Ia ingin membuat ciri khas pada merk jualannya tidak hanya sebabatas baju sehari-hari. Pilihan jatuh pada batik sesuai dengan wilayah tempat tinggalnya yang sekarang yaitu Pekalongan. Usahanya tidak sia-sia, usaha batik yang ditekuninya sekarang besar dan beromset ratusan juta.

Kisah perjalanan merintis usaha dan menjadi sukses inilah yang dibagikan kepada para mahasiswa sebagai motivasi untuk menjadi wirausahawan muda. Semoga mahasiswa PBSI mengikuti jejaknya  dan bisa menjadi enterpreneurship di usia muda.