Gelar Pelatihan, Prodi PPG Harapkan Tendik Optimalkan Layanan Prima dan Berkemajuan
FIP UMJ News: Program Studi Pendidikan Profesi Guru (PPG) Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta (FIPUMJ) menggelar kegiatan pelatihan service execellent di hotel Casa Amaroossa Lounge Jakarta, Jum’at (27/12/2024). Pelatihan tersebut mengangkat tema Optimalisasi Layanan Prima Untuk Tenaga Kependidikan yang Berkemajuan.
Kegiatan ini diadakan dengan tujuan untuk memberikan pelayanan terbaik dan maksimal di lingkungan kampus Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Baca juga: UMJ Fasilitasi Majelis Dikdasmen dan PNF PWM DKI Jakarta Gelar Pelatihan Calon Kepala Sekolah
Dosen FIP Laksanakan Pengabdian Masyarakat di SMP/SMA Muhammadiyah Subang
Dalam sambutanya, Koordinator PPG yang juga menjabat sebagai Direktur Sekolah Pascasarjana UMJ yakni, Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A. menyampaikan bahwa bekerja itu harus diniatkan untuk beribadah, berkerja harus menjadi pribadi yang baik dan mulia.
“Pertama kita bekerja niatkan untuk ibadah, dimanapun ditempatkan untuk bekerja, jika melayani pimpinan, dosen, atau mahasiswa dengan baik dan penuh tanggung jawab, berarti kita sedang berusaha memuliakan diri kita sendiri, jadi dalam melayani harus ikhlas, harus tersenyum” ucap Herwina sekaligus membuka kegiatan pelatihan.
Pelatihan tendik tersebut mengadirkan dua orang narasumber, yakni Andrian Hamzah, M.M., CT. BNSP dan Dr. Dewi Yanti, M.Pd. Keduanya ahli dalam bidang motivasi dan teknik komunikasi
Andrian dalam presentasinya menyampaikan bahwa dalam bekerja harus memiliki sikap yang bernilai lebih, bekerja juga harus bahagia.
“Kita dalam bekerja, kata Andrian, harus melayani dengan maksimal, service excellent, memiliki kreatifitas, bernilai lebih dari yang biasa, bekerja juga harus memiliki tujuan dan harus bahagia” ujarnya
Andrian juga menambahkan bahwa jika bekerja harus memiliki target yang jelas, dan memiliki rasa ingin tahu yang lebih apalagi di era sekarang teknologi semakin maju dan semakin memudahkan juga dalam pekerjaan.
Baca juga:
Gelar Pelatihan Soft Skill, UMJ Bangun Kesiapan Lulusan Memasuki Dunia Kerja
Materi yang dipresentasikan oleh Andrian juga memuat tentang prinsip etika. Survei yang dilakukan oleh Nielson pada tahun 1998 menemukan sebanyak 68% etika sangat dibutuhkan untuk memenuhi kepuasan pelayanan. Untuk menciptakan service excellent, pekerja harus memberi nilai lebih untuk memenuhi kebutuhan dan/atau melampaui keinginan pelanggan.
Senada dengan Andrian, sesi kedua ini Dewi juga membahas tentang komunikasi professional dalam service exellent yang harus dikuasai oleh pekerja kepada customer.
Diawal paparannya, Dewi membahas tentang lima hal komunikasi yang harus dikuasai pekerja dalam melayani customer, yaitu 1. RESPECT (menghargai komunikan saat proses komunikasi berlangsung sehingga komunikan merasa di hargai keberadaannya), 2. EMPHATY (kemampuan seseorang menempatkan diri pada situasi dan kondisi yang dihadapi oleh lawan bicaranya), 3. AUDIBLE (pesan yang akan kita sampaikan kepada komunikan harus dapat didengarkan dan diterima dengan jelas). 4. CLARITY (kejelasan dari pesan itu sendiri sehingga tidak menimbulkan multi interpretasi atau berbagai penafsiran yang berlainan, Clarity juga dapat diartikan dengan keterbukaan dan transparansi), 5. HUMBLE (pelaku komunikasi senantiasa memiliki sikap yang rendah hati dan menyenangkan).
Lebih lanjut, Dewi juga menjelaskan bahwa kita sebagai pegawai harus melayani customer dengan baik, etika yang baik, penuh dengan senyuman, bersikap professional, komunikasi yang bagus, serta helpful, maka dalam jangka panjang ia sedang membangun personal branding untuk dirinya dan juga untuk institusinya, karena, output dari sikap tersebut akan diterima oleh sasaran (mahasiswa, orangtua, masyarakat) dan akan tersampaikan bahwa kualitas dari pelayanan yang diberikan akan berdampak baik bagi nama perusahaannya, dalam hal ini yakni kampus Muhammadiyahnya.
Turut hadir dalam pelatihan ini yaitu Wakil Dekan III, Dr. Azmi Al Bahij, M.Si., Kaprodi Pendidikan Matematika, Rahmita Nurul Muthmainnah, M.Pd., M.Sc. serta tendik dari Sekolah Pascasarjana dan Rektorat UMJ.
—
Penulis: Mia Hariyani
Editor: Noval Ale