A. KETUA PROGRAM STUDI : Dr. Muhammad Sofian Hadi, S.S., M.Pd.
B. VISI:
Pada Tahun 2027 Program Studi Magister Pendidikan Dasar Menjadi Program Studi Pelopor dan Unggul dalam Bidang Pendidikan Dasar Yang Mampu Menghasilkan Lulusan Berdaya Saing Global, Profesional, Terkemuka dan Islami.
C. MISI:
Misi Program Studi Magister Pendidikan Dasar FIP UMJ selaras dengan rumusan visi sebagai berikut:
- Menyelenggarakan Pendidikan/Pembelajaran Bidang Pendidikan Dasar Yang Bermutu dan dapat menghasilkan Magister Pendidikan Dasar yang mampu mengembangkan pengetahuan dan memecahkan permasalahan pendidikan dasar dengan pendekatan inter atau multidispliner, serta mampu menghasilkan karya kreatif, inovatif, orisinil dan scientific.
- Melaksanakan Pengembangan kajian-kajian ilmiah kritis dalam bidang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Pendidikan dasar.
- Mengembangkan dan meningkatkan jejaring dengan mitra terkemuka dalam pengembangan kepakaran dengan institusi tingkat lokal, nasional dan global.
- Menyelenggarakan/memfasilitasi pengembangan profesionalisme dan kompetensi sesuai dengan perkembangan ilmu pendidikan dalam masyarakat yang berlandaskan nilai-nilai keislaman.
D. TUJUAN:
Tujuan Penyelenggaran Program Studi Magister Pendidikan Dasar FIP UMJ adalah menghasilkan Lulusan yang:
- Memiliki kemampuan dalam mengembangkan ragam inovasi pendidikan dasar sesuai dengan kebutuhan masyarakat..
- Memiliki kemampuan mengembangkan konsep penelitian ilmiah sesuai dengan kajian terkini tentang pendidikan dasar.
- Memiliki kemampuan mengembangkan profesionalisme dan kompetensi dalam bidang pendidikan dasar sesuai dengan nilai-nilai islami.
- Memiliki kontribusi dalam pengembangan dan peningkatan daya saing baik tingkat lokal, nasional maupun Global.
- Memiliki kemampuan dan adaftif dalam menyelenggarakan ragam kegiatan pengabdian kepada masyarakat untuk peningkatan kompetensi pada bidang pendidikan dasar.
E. PROFIL LULUSAN
Profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta diarahkan untuk menghasilkan lulusan magister yang memiliki keahlian dalam Pendidikan Dasar dan mampu mengembangkan keilmuan Pendidikan Dasar.
|
F. CAPAIAN PEMBELAJARAN
Capaian Pembelajaran Program Studi Magister Pendidikan Dasar sesuai dengan Profil Lulusan, Merujuk pada deskripsi capaian Pembelajaran SN-DIKTI dan Level 8 (Delapan) KKNI yang terdiri dari Empat Aspek meliputi Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan.
a). SIKAP
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika;
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
b). PENGETAHUAN
- Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
- Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
- Mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.
c). KETERAMPILAN UMUM
- Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
- Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
- Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
- Mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
- Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
- Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas
- Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
d). KETERAMPILAN KHUSUS
- Mampu menemukan atau mengembangkan teori/ konsep/gagasan ilmiah bidang pendidikan dasar yang memiliki nilai kebaruan/novelty melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin serta menerapkan nilai-nilai humaniora berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
- Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian yang berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui publikasi diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
- Mampu memecahkan masalah bidang pendidikan dasar melalui pendekatan penelitian inter, multi, dan transdisiplin untuk kemaslahatan umat manusia berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
- Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin berlandaskan Al- Islam dan Kemuhammadiyahan.
G. PREDIKAT KELULUSAN
Lulusan dari Program Studi Magister Pendidikan dasar akan mendapatkan Gelar kelulusan M.Pd. (Magister Pendidikan)
H. DOSEN TETAP
- Prof. Dr. Agus Suradika, M.Pd.
- Prof. Dr. Herwina Bahar, M.A.
- Dr. Muhammad Sofian Hadi, M.Pd.
- Dr. Sri Imawati, M.Pd.
- Dr. Misriandi, M.Pd.
- Dr. Ahmad Syarif, M.Pd.
- Dr. Endry Boeriswati
- Dr. Ahmad Susanto, M.Pd.
- Dr. Naswandi Nur, M.Si.
- Dr. Dien Nurmarina Malik Fadjar, M.A.
- Dr. Faisal
- Dr. Samsul Arifin
I. STRUKTUR KURIKULUM
- Karakteristik Kurikulum Magister Teknologi Pendidikan FIP UMJ
Kurikulum Prodi Pendidikan Dasar terdiri dari 53 SKS yang mencakup 39 SKS Mata Kuliah Wajib, 12 SKS Mata Kuliah Pilihan dan 2 SKS Mata Kuliah Fakultas
J. DISTRIBUSI MATA KULIAH
Semester |
KODE MK |
Nama Mata Kuliah |
Bobot SKS |
|||||
Teori | Praktik | |||||||
I |
WF08101301 | Filsafat Ilmu | 2 | 0 | ||||
WF08101302 | Metodologi Penelitian | 3 | 0 | |||||
WF08101303 | Statistika | 3 | 0 | |||||
WP08101204 | Penulisan Artikel Ilmiah Terindeks | 0 | 2 | |||||
PP08101311 | Pembelajaran Matematika (Aritmatika dan Pengukuran) | 3 | 0 | |||||
PP08101312 | Pembelajaran Bahasa (Lisan dan Tulis) * | 3 | 0 | |||||
PP08101302 | Pendidikan Karakter berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan * | 3 | 0 | |||||
PP08091303 | Peminatan IPA* | 3 | 0 | |||||
Total SKS Semester I |
20 | 2 | ||||||
II |
WP08102305 | Psikologi Pendidikan untuk Pembelajaran | 2 | 0 | ||||
WP08102306 | Assessmen Pembelajaran | 3 | 0 | |||||
WP08102307 | Pengembangan Media dan Teknologi Pembelajaran Pendidikan Dasar | 1 | 2 | |||||
PP08102314 | Pembelajaran Matematika (Geometri)* | 3 | 0 | |||||
PP08102315 | Pembelajaran Bahasa (Berbasis Sastra) | 3 | 0 | |||||
PP08102316 | Pengembangan Pendidikan Karakter berbasis Al Islam dan Kemuhammadiyahan * | 3 | 0 | |||||
Peminatan IPA* | 3 | 0 | ||||||
Total SKS Semester II |
18 | 2 | ||||||
III |
WP08101308 | Kajian dan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar | 2 | 1 | ||||
WP08101309 | Komparasi Pembelajaran di Pendidikan Dasar | 1 | 2 | |||||
WP08101310 | Kolokium Pendidikan Dasar | 1 | 2 | |||||
Total SKS Semester III |
4 | 5 | ||||||
IV | WF08102617 | Tesis | 8 | 0 | ||||
Total SKS |
53 | 9 |
K. AKREDITASI PRODI PENDAS
- SK BAN PT AKREDITASI PENDAS – BAIK 2023 [Unduh]