Skip to content
PENDIDIKAN BAHASA INGGRIS

A. KETUA PROGRAM STUDI : Dr. Mutiarani, M.Pd.

B. VISI KEILMUAN

Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki keterampilan pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Outcome Based Education (OBE) terintegrasi dengan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

C. TUJUAN

  1. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan pada aspek pengetahuan dan keterampilan pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat pendidikan dasar dan menengah berbasis nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan merancang, mengaplikasikan dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Inggris berkelanjutan secara inovatif, kolaboratif dan efektif.
  3. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mampu melakukan penelitian pemula di bidang pembelajaran bahasa inggris.
  4. Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mampu merancang dan mengembangkan media pembelajaran bahasa berbasis konkret dan digital.

D. STRATEGI

Sasaran

Strategi Capaian

Target

2021

2022

2023

2024

2025

Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan pada aspek pengetahuan dan keterampilan pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat pendidikan dasar dan menengah berbasis  nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

Melaksanakan proses pembelajaran berbasis Outcome Based Education

50% proses pembelajaran mata kuliah berbasis Outcome Based Education

70% proses pembelajaran mata kuliah berbasis Outcome Based Education

80% proses pembelajaran mata kuliah berbasis Outcome Based Education

90% proses pembelajaran mata kuliah berbasis Outcome Based Education

100% proses pembelajaran mata kuliah berbasis Outcome Based Education

Melaksanakan aktivitas pembelajaran bahasa Inggris terintegrasi nilai -nilai AIK

Sebanyak 80% mata kuliah telah berbasis AIK

Sebanyak 90% mata kuliah telah berbasis  AIK

Sebesar 100% mahasiswa  dan dosen melakukan  kajian  nilai AIK  pada masing-masing mata kuliah

Sebesar 100% mahasiswa  dan dosen melakukan kajian  AIK  pada masing-masing mata kuliah

Sebesar 100% mahasiswa  dan dosen melakukan pengembangan yang didasarkan pada kajian  nilai AIK  pada masing-masing mata kuliah

Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang memiliki kemampuan merancang, mengaplikasikan dan mengevaluasi pembelajaran bahasa Inggris berkelanjutan secara inovatif, kolaboratif dan efektif.

Melaksanakan pelatihan softskill mahasiswa melalui kerjasam dengan organisasi internasional

Sebanyak 50% mahasiswa memiliki sertifikat soft skill bertaraf internasional

Sebanyak 75% mahasiswa memiliki sertifikat soft skill bertaraf internasional

Sebanyak 85% mahasiswa memiliki sertifikat soft skill bertaraf internasional

Sebanyak 95% mahasiswa memiliki sertifikat soft skill bertaraf internasional

Sebanyak 100% mahasiswa memiliki sertifikat soft skill bertaraf internasional

Meningkat peran PBB dalam meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris mahasiswa

Sebanyak 50% mahasiswa memiliki skor Institutional TOEFL Prediction > 400

Sebanyak 75% mahasiswa memiliki skor Institusional TOEFL Prediction > 450

Sebanyak 85% mahasiswa memiliki skor Institutional Prediction TOEFL Test > 450

Sebanyak 95% mahasiswa memiliki skor Intitutional TOEFL Prediction Test > 450

Sebanyak 100% mahasiswa memiliki skor Institutional TOEFL Prediction Test > 450

Meningkatkan kualitas praktek mengajar

Sebanyak 75% mahasisiwa memiliki best practice yang baik

Sebanyak 80% mahasisiwa memiliki best practice yang baik

Sebanyak 90% mahasisiwa memiliki best practice yang baik

Sebanyak 95% mahasisiwa memiliki best practice yang baik

Sebanyak 100% mahasisiwa memiliki best practice yang baik

Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mampu melakukan penelitian pemula di bidang pembelajaran bahasa inggris

Meningkatkan asistensi penelitian bersama dosen

Sebanyak 25% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

Sebanyak 45% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

Sebanyak 65% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

Sebanyak 85% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

Sebanyak 95% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

Meningkatkan pelatihan-pelatihan penulisan artikel

Sebanyak 50% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan

Sebanyak 50% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan dan mempublikasikan

Sebanyak 75% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan dan mempublikasikan

Sebanyak 85% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan dan mempublikasikan

Sebanyak 95% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan dan mempublikasikan

Meningkatkan keikutsertaan PKM

Sebanyak 25% mahasiswa PBI mengikuti PKM

Sebanyak 42% mahasiswa PBI mengikuti PKM

Sebanyak 58% mahasiswa PBI mengikuti PKM

Sebanyak 74% mahasiswa PBI mengikuti PKM

Sebanyak 90% mahasiswa PBI mengikuti PKM

Menghasilkan lulusan sebagai calon pendidik dan praktisi di bidang Pendidikan Bahasa Inggris yang mampu merancang dan mengembangkan media pembelajaran bahasa berbasis konkret dan digital.

Meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam literasi digital

Sebanyak 75% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital baik

Sebanyak 85% mahasisiwa memiliki kemampuan literasi digital baik

Sebanyak 95% mahasisiwa memiliki kemampuan literasi digital baik

Sebanyak 100% mahasisiwa memiliki kemampuan literasi digital baik

Sebanyak 100% mahasisiwa memiliki kemampuan literasi digital baik

Meningkatkan peran ESA (English Students Association) dalam pelaksanaan soft skill terkait TIK

Pelaksanaan minimal 2 kali pelatihan soft skill dalam setahun

Pelaksanaan minimal 3 kali pelatihan soft skill dalam setahun

Pelaksanaan minimal 4 kali pelatihan soft skill dalam setahun

Pelaksanaan minimal 5 kali pelatihan soft skill dalam setahun

Pelaksanaan minimal 6 kali pelatihan soft skill dalam setahun

E. CAPAIAN PEMBELAJARAN

  1. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan setara tingkat Post-intermediatedalam konteks keseharian/umum, akademis, dan profesional (sesuai bidang pekerjaan).
  2. Mahir berbahasa Inggris lisan dan tulisan di bidaqng profesi tertentu (English for specific purposes) pada tingkat intermediate.
  3. Mampu mengadaptasi/budaya yang positif dari masyarakat pemakai bahasa Inggris ke dalam budaya bahasa ibu.
  4. Mampu melaksanakan tata-kelola yang mencakup perencanaan, penerapan, pengelolaan, pengevaluasian, dan perbaikan proses pembelajaran Bahasa Inggris sebagai bahasa asing sesuai dengan karakteristik dan kebutuhan peserta didik serta pemangku kepentingan sesuai standar proses dan standar mutu.
  5. Mampu menerapkan metode dan proses belajar dan pembelajaran Bahasa Inggris untuk bidang khusus (English for specific purposes).
  6. Mampu menentukan dan menggunakan metode penelitian yang tepat dalam penyelesaian masalah pembelajaran bahasa.
  7. Mampu merencanakan, mengelola, dan mengevaluasi sumberdaya yang ada untuk mengoptimalkan penyelenggaraan administrasi dan supervisi kelas dan sekolah, atau institusi lain di bidang pendidikan bahasa yang menjadi tanggung jawabnya.
  8. Mampu mengidentifikasi dan menganalisis masalah yang berkaitan dengan mutu pembelajaran Bahasa Inggris untuk menemukan alternatif pemecahan masalah, atau untuk pengambilan keputusan.
  9. Mampu melakukan pendampingan terhadap siswa dalam mengikuti proses pembelajaran bahasa Inggris.
  10. Mampu menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang relevan untuk peningkatan mutu pendidikan dan pembelajaran bahasa Inggris.
  11. Menguasai konsep-konsep atau teori kebahasaan bahasa Inggris umum (general English).
  12. Menguasai konsep-konsep atau teori kebahasaan bahasa Inggris di bidang tertentu (English for specific purpose ).
  13. Menguasai konsep teoretis dan penegtahuan dasar tentang kesastraan umum dan kesasatraan Inggris.
  14. Menguasai prinsip-prinsip Pedagogi, Psikologi Perkembangan dan Psikolog Pendidikan.
  15. Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi IPTEK di bidang pembelajaran bahasa Inggris.
  16. Memiliki kemampuan kerja mandiri maupun tim secara bermutu dan terukur.
  17. Mampu melakukan penelitian ilmiah (riset) di bidang pendidikan dan pembelajaran, khsusnya di bidang pembelajaran bahasa Inggris dan menuliskan hasilnya dalam bentuk laporan (karya ilmiah) serta mengunggahnya ke jurnal atau ke website suatu perguruan tinggi.
  18. Memiliki jiwa kewirausahaan (interpreunership) di bidang pendidikan, khususnya di bidang atau yang berkaitan dengan pembelajaran bahasa Inggris.
  19. Mampu mengembangkan, memupuk dan memelihara jaringan kerja sama dengan kolega, stake-holders, dan masyarakat di luar lembaga tempat bekerja.
  20. Memiliki pemahaman nilai-nilai pendidikan dan pengajaran sesuai Al Qur’an, al Hadits dan prinsip-prinisp kemanusiaan universal.
  21. Mampu mengaplikasikan nilai-nilai yang terkandung dalam al Qur’an dan al Hadits dalam bidang pekerjaan yang ditekuni.
  22. Mampu membawa diri dan menjadi panutan bagi orang lain sesuai dengan landasan-landasan yang tertuang dalam al qur’an dan al hadits pada bidangnya.

F. PROFIL LULUSAN

Setiap lulusan prodi Pendidikan Bahasa Inggris mampu menjadi Professional English Teacher, Translators/Interpreters, Tour Guide and Coordinators, Instructional ICT Designers, Editors, Performers in ELT dan Content Creator.

G. KOMPETENSI PENDUKUNG LULUSAN

Untuk mendukung kompetensi utama lulusan, Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris FIP UMJ memasukkan berbagai mata kuliah kependidikan, kemuhammadiyahan dan Bahasa Indonesia sebagai kompetensi pendukung lulusan.

Mata kuliah kependidikan meliputi; Landasan Ilmu Pendidikan, Profesi Pendidikan, dan Psikologi Pendidikan. Mata kuliah kemuhammadiyahan meliputi; Pendidikan Agama, Bahasa Arab (Alquran), Aqidah, Ibadah/Akhlak, Muamalah, Kemuhammadiyahan, ddan Kependidikan Islam.

H. KOMPETENSI PENDUKUNG LAINNYA / PILIHAN LULUSAN

Kompetensi lain Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris diwujudkan dalam kelompok Mata Kuliah berkarya, dengan kompetensi mengembangkan keterampilan dibidang pendidikan dan pengajaran dan kewirausahaan. Seperti mata kuliah/kompetensi dibawah ini:

  • Translation/Interpreter
  • Guiding and Tourism
  • Blended Learning
  • Business English
  • Tour Guide
  • Content Creator

Mata kuliah tersebut diatas merupakan bagian dari mata kuliah pilihan yang masing-masing berbobot 2 SKS.

I. DOSEN TETAP

  1. Dr. Mutiarani, M.Pd.
  2. Dr. Muhamad Sofian Hadi, S.S., M.Pd.
  3. Aswir, M.Pd.
  4. Lidiyatul Izzah, M.Pd.
  5. Pipit Novita, P.hD.
  6. Zaitun, M.Pd.

J. KURIKULUM PRODI


K. SURAT KETERANGAN AKREDITASI BAN PT

TAHUN 2016 – 2021 SERTIFIKAT AKREDITASI – B  [unduh]

TAHUN 2022 (PERPANJANGAN) – B  [unduh]

TAHUN 2023 – 2028 SERTIFIKAT AKREDITASI – BAIK SEKALI  [unduh]