Menu
Skip to content

PROFIL & CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PENDAS

A. PROFIL LULUSAN

Profil lulusan Program Studi Magister Pendidikan Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Jakarta diarahkan untuk menghasilkan lulusan magister yang memiliki keahlian dalam Pendidikan Dasar dan mampu mengembangkan keilmuan Pendidikan Dasar.

PROFIL LULUSANDESKRIPSI PROFIL LULUSAN
1

Calon Pendidik Pada

Bidang Pendidikan Dasar

Magister   Pendidikan   Dasar   mampu menyiapkan   dan mengembangkan Pendidikan, Penelitian, dan Pengabdian kepada Masyarakat dengan Kritis, Inovatif, Kreatif, Komunikatif, dan Kolaboratif berlandaskan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

 2 Calon PenelitiMagister Pendidikan Dasar yang siap menjadi Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan Pendidikan Dasar melalui pendekatan interdisiplin dan multidisiplin serta mampu menghasilkan Inovasi teruji dalam rangka peningkatan mutu Pendidikan yang berlandaskan Al Islam Kemuhammadiyahan.
 3

Konsultan Bidang

Pendidikan Dasar

Magister     Pendidikan     Dasar     yang     mampu

memberikan konsultasi dalam bidang Penelitian dan Pengembangan Kurikulum, Pembelajaran, Berlandaskan AL Islam dan Kemuhammadiyahan.

4Praktisi PendidikanMagister Pendidikan Dasar yang mampu menjadi
Praktisi Pendidikan (Guru, Pengawas, Kepala Sekolah, dan Pengelola Sekolah Dasar) dan mampu menerapkan, mengembangkan inovasi, manajemen, serta pengelolaan Pendidikan Berlandaskan Al Islam dan Kemuhammadiyahan.

 

B. CAPAIAN PEMBELAJARAN

Capaian Pembelajaran Program Studi Magister Pendidikan Dasar sesuai dengan Profil Lulusan, Merujuk pada deskripsi capaian Pembelajaran SN-DIKTI dan Level 8 (Delapan) KKNI yang terdiri dari Empat Aspek meliputi Sikap, Keterampilan Umum, Keterampilan Khusus, dan Pengetahuan.

a). SIKAP

  1. Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;
  2. Menjunjung tinggi  nilai  kemanusiaan  dalam  menjalankan  tugas  berdasarkan agama, moral, dan etika;
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat,  berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
  4. Berperan sebagai  warga  negara  yang  bangga  dan  cinta  tanah  air,  memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa;
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan;
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara;
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; dan
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

b). PENGETAHUAN

  1. Mampu mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar atau praktek profesionalnya melalui riset hingga menghasilkan karya inovatif dan teruji.
  2. Mampu memecahkan permasalahan ilmu pengetahuan, teknologi dan atau seni dalam bidang pendidikan dasar melalui pendekatan inter atau multidisipliner.
  3. Mampu mengelola riset dan pengembangan dalam bidang pendidikan dasar yang bermanfaat bagi masyarakat dan keilmuan serta mampu mendapat pengakuan nasional dan internasional.

c). KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasibidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

d). KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menemukan atau mengembangkan teori/ konsep/gagasan ilmiah bidang pendidikan dasar yang memiliki nilai kebaruan/novelty melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin serta menerapkan nilai-nilai humaniora berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  2. Mampu mengkomunikasikan hasil penelitian yang berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan melalui publikasi diterbitkan di jurnal internasional bereputasi.
  3. Mampu memecahkan masalah bidang pendidikan dasar melalui pendekatan penelitian inter, multi, dan transdisiplin untuk kemaslahatan umat manusia berlandaskan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan.
  4. Mampu menemukan atau mengembangkan inovasi, kebijakan, dan pengelolaan pendidikan dasar melalui pendekatan inter, multi, dan transdisiplin berlandaskan Al- Islam dan Kemuhammadiyahan.

 C. PREDIKAT KELULUSAN

Lulusan dari Program Studi Magister Pendidikan dasar akan mendapatkan Gelar kelulusan M.Pd. (Magister Pendidikan)