Menu
Skip to content

PROFIL DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN MTK

Profil Lulusan (PL) terdapat di dalam Kurikulum Pendidikan Matematika FIP  UMJ, sebagai berikut:

Kode PL

Profil Lulusan

Profesi

Deskripsi Profil Lulusan

PL-01

Calon pendidik matematika sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas

Tutor / Guru ; Programer

Sarjana pendidikan matematika yang berakhlak mulia dan Islami dengan memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi, perangkat pembelajaran serta kreatif dan inovatif

PL-02

Peneliti pemula bidang pendidikan matematika

Data Analis

Sarjana pendidikan matematika yang berakhlak mulia dan Islami memiliki kemampuan dasar untuk melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran matematika sekolah, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran

PL-03

Edupreneur Pendidikan matematika

Wirausaha

Sarjana Pendidikan Matematika yang berakhlak mulia dan Islami mempunyai kemampuan manajerial untuk menjalankan usaha dalam bidang pendidikan matematika

Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Pendidikan Matematika sebagai berikut:

Kode

Kategori

Deskripsi CPL

CPL-01

Sikap

Lulusan mampu menunjukkan sikap religius, toleransi terhadap perbedaan agama, suku, dan budaya, serta menerapkan nilai-nilai kemanusiaan di tempat kerja dan masyarakat

CPL-02

Lulusan mampu menunjukkan tanggung jawab, kemampuan adaptasi, kemandirian, dan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas

CPL-03

Keterampilan Umum

Lulusan memiliki kecakapan komunikasi dalam mengungkapkan ide / gagasan baik secara lisan maupun tertulis

CPL-04

Lulusan mampu mengambil keputusan berdasarkan data / informasi yang diperoleh dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya serta mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan

CPL-05

Lulusan mampu bekerja secara efektif sebagai individu maupun kelompok, memiliki jiwa enterpreneurship dan kepedulian terhadap lingkungan

CPL-06

Keterampilan Khusus

Lulusan mampu merancang, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika berdasarkan pengetahuan pedagogik-didaktik yang tepat serta kurikulum yang berlaku

CPL-07

Lulusan mampu mewujudkan pembelajaran matematika yang islami, bermakna, kreatif dan inovatif

CPL-08

Lulusan mampu melakukan penelitian serta mengembangkan amal usaha dalam bidang pendidikan matematika

CPL-09

Pengetahuan

Lulusan menguasai konsep dasar pendidikan serta pedagogi-didaktik matematika

CPL-10

Lulusan menguasai secara komprehensif berbagai konsep matematika sekolah, matematika lanjut, dan metodologi penelitian pendidikan

CPL-11

Lulusan mampu mampu menginternalisasi nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam riset dan pembelajaran matematika serta amal usaha yang dikembangkan