Profil Lulusan (PL) terdapat di dalam Kurikulum Pendidikan Matematika FIP UMJ, sebagai berikut:
Kode PL | Profil Lulusan | Profesi | Deskripsi Profil Lulusan |
PL-01 | Calon pendidik matematika sekolah menengah pertama dan sekolah menengah atas | Tutor / Guru ; Programer | Sarjana pendidikan matematika yang berakhlak mulia dan Islami dengan memiliki ilmu pengetahuan dan teknologi, perangkat pembelajaran serta kreatif dan inovatif |
PL-02 | Peneliti pemula bidang pendidikan matematika | Data Analis | Sarjana pendidikan matematika yang berakhlak mulia dan Islami memiliki kemampuan dasar untuk melakukan penelitian dalam bidang pembelajaran matematika sekolah, sehingga dapat berkontribusi dalam meningkatkan mutu pembelajaran |
PL-03 | Edupreneur Pendidikan matematika | Wirausaha | Sarjana Pendidikan Matematika yang berakhlak mulia dan Islami mempunyai kemampuan manajerial untuk menjalankan usaha dalam bidang pendidikan matematika |
Capaian Pembelajaran Lulusan (CPL) Prodi Pendidikan Matematika sebagai berikut:
Kode | Kategori | Deskripsi CPL |
CPL-01 | Sikap | Lulusan mampu menunjukkan sikap religius, toleransi terhadap perbedaan agama, suku, dan budaya, serta menerapkan nilai-nilai kemanusiaan di tempat kerja dan masyarakat |
CPL-02 | Lulusan mampu menunjukkan tanggung jawab, kemampuan adaptasi, kemandirian, dan kepemimpinan dalam melaksanakan tugas | |
CPL-03 | Keterampilan Umum | Lulusan memiliki kecakapan komunikasi dalam mengungkapkan ide / gagasan baik secara lisan maupun tertulis |
CPL-04 | Lulusan mampu mengambil keputusan berdasarkan data / informasi yang diperoleh dalam menyelesaikan tugas yang menjadi tanggung jawabnya serta mengevaluasi pekerjaan yang telah dilakukan | |
CPL-05 | Lulusan mampu bekerja secara efektif sebagai individu maupun kelompok, memiliki jiwa enterpreneurship dan kepedulian terhadap lingkungan | |
CPL-06 | Keterampilan Khusus | Lulusan mampu merancang, menerapkan, dan mengevaluasi pembelajaran matematika berdasarkan pengetahuan pedagogik-didaktik yang tepat serta kurikulum yang berlaku |
CPL-07 | Lulusan mampu mewujudkan pembelajaran matematika yang islami, bermakna, kreatif dan inovatif | |
CPL-08 | Lulusan mampu melakukan penelitian serta mengembangkan amal usaha dalam bidang pendidikan matematika | |
CPL-09 | Pengetahuan | Lulusan menguasai konsep dasar pendidikan serta pedagogi-didaktik matematika |
CPL-10 | Lulusan menguasai secara komprehensif berbagai konsep matematika sekolah, matematika lanjut, dan metodologi penelitian pendidikan | |
CPL-11 | Lulusan mampu mampu menginternalisasi nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan dalam riset dan pembelajaran matematika serta amal usaha yang dikembangkan |