Kompetensi lulusan Proram Studi PPG UMJ tercantum dalam kurikulum prodi mengacu pada Panduan Penyusunan Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi yang dikeluarkan oleh Direktorat Pembelajaran Dan Kemahasiswaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan, tahun 2014, yang meliputi:
- Merencanakan : Lulusan mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) sesuai silabus dengan menerapkan prinsip Techno–Pedagogical Content Knowledge (TPACK)
- Melaksanakan Pembelajaran : Lulusan mampu mewujudkan suasana dan proses pembelajaran yang mendidik dan mencerdaskan sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan potensi diri dan karakter siswa
- Menilai dan Mengevaluasi Pembelajaran : Lulusan mampu melaksanakan penilaian otentik-holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan (assesment of learning)
- Menindaklanjuti Hasil Penilaian : Lulusan mampu melaksanakan penilaian sebagai proses belajar (assesment as learning), dan menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran (assesment for
learning)
Ketercapaian kompetensi lulusan mengacu pada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 7, serta Standar Nasional Pendidikan Guru, yang tertera pada tabel berikut:
Capaian Pembelajaran Lulusan |
Bahan Kajian |
|||||
KP |
PP |
PT |
PTK |
PPL |
||
1. SIKAP |
||||||
a. | Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius; |
|
||||
b. | Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral, dan etika; |
|
||||
c. | Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, ber-bangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila; |
|
|
|
||
d. | Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa; |
|
||||
e. | Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain; |
|
||||
f. | Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan; |
|
||||
g. | Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara; |
|
||||
h. | Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik; | |||||
i. | Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri; |
|
|
|||
j. | Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan; |
|
|
|
||
k. | Menunjukkan perilaku yang sesuai dengan kode etik guru Indonesia; dan |
|
|
|||
l. | Mempunyai ketulusan, komitmen, kesungguhan hati untuk mengembangkan sikap, nilai, dan kemampuan peserta didik dengan dilandasi oleh nilai-nilai kearifan lokal dan ahlak mulia serta memiliki motivasi untuk berbuat bagi kemaslahatan peserta didik dan masyarakat pada umumnya. |
|
|
|||
2. PENGUASAAN PENGETAHUAN |
||||||
a. | Menguasai konsep teoretis materi pelajaran yang diampu secara mendalam; |
|
|
|||
b. | Menguasai teori aplikasi pedagogis (pedagogical content knowledge) minimal teori belajar, evaluasi proses dan hasil belajar, kurikulum, dan prinsip-prinsip pembelajaran bidang studi yang mendidik; |
|
||||
c. | konsep umum, prinsip, metode, dan teknik penelitian kependidikan; |
|
|
|
||
d. | prinsip dan teknik penggunaan teknologi informasi dan komunikasi di dalam pembelajaran |
|
||||
e. | Pengetahuan faktual tentang peraturan perundangan pendidikan dan keguruan yang berlaku. |
|
|
|
|
|
3. KETERAMPILAN KHUSUS |
||||||
a. | Mampu merencanakan pembelajaran yang mendidik sesuai dengan karakteristik pembelajaran tematik yang diampu, meliputi: |
|
|
|
||
1. Merumuskan indikator kompetensi dan capaian pembelajaran berdasarkan standar kompetensi lulusan; |
|
|
|
|||
2. Menetapkan materi, proses, sumber, media, penilaian, dan evaluasi pembelajaran; dan |
|
|
|
|||
3. Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) sesuai silabus pada kurikulum yang berlaku; |
|
|
||||
b. | Mampu melaksanakan pembelajaran tematik yang mendidik dengan suasana dan proses pembelajaran yang sesuai dengan kaidah pedagogik untuk memfasilitasi pengembangan karakter dan potensi diri siswa sebagai pembelajar mandiri; |
|
|
|||
c. | Mampu merancang dan melaksanakan penilaian dan evaluasi pembelajaran yang bersifat autentik-holistik yang dapat digunakan sebagai instrumen dalam mengukur ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang dapat meningkatkan kualitas pembelajaran |
|
|
|
|
|
1. Merancang instrumen penilaian otentik-holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan |
|
|
|
|
||
2. Melaksanakan penilaian otentik-holistik yang mencakup ranah sikap, pengetahuan, dan keterampilan; dan |
|
|
|
|||
3. Menggunakan hasil penilaian untuk meningkatkan kualitas pembelajaran; |
|
|
||||
d. | Mampu merancang dan melaksanakan penelitian yang relevan dengan masalah pembelajaran sesuai kaidah penelitian ilmiah; |
|
|
|
||
e. | Mampu mengadaptasi dan menggunakan teknologi informasi dan komunikasi dalam melaksanakan tugas profesionalnya; dan |
|
||||
f. | Mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan peserta didik, rekan sejawat, tenaga kependidikan, orang tua, dan masyarakat secara lisan dan tulisan dengan santun, efektif, dan produktif. |
|
||||
4. KETRAMPILAN UMUM |
||||||
a. | Mampu bekerja di bidang keahlian pokok untuk jenis pekerjaan yang spesifik dan memiliki kompetensi kerja yang minimal setara dengan standar kompetensi kerja profesinya; |
|
||||
b. | Mampu membuat keputusan yang independen dalam menjalankan pekerjaan profesinya berdasarkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif; |
|||||
c. | Mampu mengomunikasikan pemikiran/argumen atau karya inovasi yang bermanfaat bagi pengembangan profesi dan kewirausahaan, yang dapat dipertanggungjawabkan secara ilmiah dan etika profesi, kepada masyarakat terutama masyarakat profesinya; |
|
|
|
||
d. | Mampu melakukan evaluasi secara kritis terhadap hasil kerja dan keputusan yang dibuat dalam melaksanakan pekerjaannya oleh dirinya sendiri dan oleh sejawat; |
|||||
e. | Mampu meningkatkan keahlian keprofesiannya pada bidang yang khusus melalui pelatihan dan pengalaman kerja; |
|
|
|
||
f. | Mampu meningkatkan mutu sumber daya untuk pengembangan program strategis organisasi; |
|
|
|
|
|
g. | Mampu memimpin suatu tim kerja untuk memecahkan masalah pada bidang profesinya; |
|
|
|
|
|
h. | Mampu bekerja sama dengan profesi lain yang sebidang dalam menyelesaikan masalah pekerjaan bidang profesinya; |
|
|
|||
i. | Mampu mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan masyarakat profesi dan kliennya; |
|
|
|
|
|
j. | Mampu melaksanakan tugas profesional guru sesuai tuntutan peraturan perundangan bidang pendidikan dan kode etik guru Indonesia yang berlaku; |
|
|
|
|
|
k. | Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; |
|
|
|
|
|
l. | Mampu berkontribusi dalam evaluasi atau pengembangan kebijakan nasional dalam rangka peningkatan mutu pendidikan profesi atau pengembangan kebijakan nasional pada bidang profesinya; dan |
|
|
|
|
|
m. | Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengaudit, mengamankan, dan menemukan kembali data dan informasi untuk keperluan pengembangan hasil kerja profesinya. |
|
|
|
|