A. RUMUSAN STANDAR KOMPETENSI LULUSAN
Capaian pembelajaran lulusan Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP UMJ mencakup empat aspek yaitu: sikap, keterampilan umum, keterampilan khusus, dan pengetahuan. Capaian pembelajaran lulusan yang dirancang mengacu kepada Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI) level 6, Standar Nasional Pendidikan Tinggi (SN-DIKTI) dan Standar Nasional Pendidikan Guru (SNPG). Sebelum perumusan SKL, maka penentuan profil lulusan akan membantu dalam perumusan CPL, berikut adalah profil lulusan prodi PGSD FIP UMJ.
B. DESKRIPSI PROFIL LULUSAN
PROFIL LULUSAN | DESKRIPSI PROFIL LULUSAN | |
1 | Calon Pendidik Guru SD | Calon pendidik di SD yang mampu merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi dan mengembangkan pendidikan berdasar keilmuan yang selaras dengan Al-Islam Kemuhammadiyahan. |
2 | Peneliti Pemula bidang pendidikan sekolah dasar | Peneliti yang mampu memecahkan permasalahan pembelajaran di sekolah dasar sesuai dengan kaidah-kaidah ilmiah yang selaras dengan karakter Al-Islam Kemuhammadiyahan. |
3 | Wirausaha pendidikan sekolah dasar | Seorang wirausaha yang mampu memberikan kontribusi keilmuannya dalam memecahkan permasalahan di lingkungan bermasyarakat berdasarkan nilai-nilai Al-Islam Kemuhammadiyahan |
Penentuan Profil lulusan merupakan tahapan dalam penentuan CPL yang dimual dalam SKL seperti berikut:
- Sikap (S)
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama,moral, dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Memahami dirinya secara utuh sebagai pendidik.
- Keterampilan Umum (KU)
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya.
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur.
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni.
- Mampu menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi.
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data.
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya.
- Mampu bertanggungjawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri, dan
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
- Keterampilan Khusus
- Mampu menerapkan prinsip dan teori pendidikan melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
- Mampu menerapkan konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar.
- Mampu menerapkan pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP, dan PJOK melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran.
- Mampu menerapkan dan mengembangkan kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif melalui perancangan dan pelaksanaan pembelajaran di sekolah dasar
- Mampu merancang, melaksanakan, menganalsis dan menindaklanjuti evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
- Mampu merancang, mengaplikasikan dan mengevaluasi media pembelajaran berbasis konkrit dan digital di era 4.0 7. Mampu menerapkan layanan bimbingan konseling di sekolah dasar.
- Mampu menyelesaiakan permasalah dalam bidang Pendidikan SD (Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PKn, SBdP dan PJOK) dengan menerapkan IPTEKS dengan memperhatikan kearfian lokal.
- Pengetahuan
- Menguasai prinsip dan teori pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai konsep tentang karakteristik perkembangan peserta didik di sekolah dasar.
- Menguasai pengetahuan bidang studi di sekolah dasar meliputi Bahasa Indonesia, Matematika, IPA, IPS, PPKn, SBdP, dan PJOK.
- Menguasai konsep kurikulum, pendekatan, strategi, model, metode, teknik, bahan ajar, media dan sumber belajar yang inovatif sebagai guru kelas di sekolah dasar.
- Menguasai konsep dan teknik evaluasi proses dan hasil pembelajaran di sekolah dasar.
- Menguasai konsep dasar dan prosedur penelitian yang dapat memformulasikan penyelesaian permasalahan pendidikan di sekolah dasar.
- Menguasai pengetahuan lintas bidang ilmu yang sesuai perkembangan IPTEKS dengan memperhatikan kearifan lokal.