A. VISI KEILMUAN
Menjadi program studi unggul dalam menghasilkan lulusan yang berkarakter dengan penguasaan keilmuan matematika yang mendalam serta keterampilan pedagogis dan mampu bersaing secara global dalam mengembangkan teknologi pembelajaran terintegrasi STEAM
Berkarakter berarti para lulusan Prodi Pendidikan Matematika adalah sosok yang memiliki inetgritas tinggi dalam menjalani peran sebagai seorang pendidik yang dilandasi dengan pemaham aqidah yang bersih/lurus, ibadah yang benar, akhlak yang mulia, fisik yang kuat, intelek dalam berpikir, disiplin, teratur, dan bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.
Penguasaan Keilmuan Matematika yang Mendalam berarti lulusan memiliki pemahaman mendalam tentang konsep-konsep matematika dasar seperti aljabar, kalkulus, geometri, statistika, dan matematika diskrit. Di dalamnya meliputi: (1) Kemampuan menganalisis masalah matematika, mengidentifikasi pola, dan menerapkan prinsip-prinsip matematika untuk menemukan solusi, (2) Penguasaan logika matematika untuk membangun argumen yang valid dan membuktikan teorema matematika, (3) Keterampilan pemodelan dan komputasi matematika.
Keterampilan Pedagogis berarti lulusan memiliki kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran. Ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pemahaman tentang bagaimana peserta didik belajar, hingga kemampuan menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan.
Bersaing secara Global berarti lulusan memiliki kemampuan daya saing yang tidak hanya di tingkat nasional tetapi mencakup Internasional dan menjadi prodi rujukan bagi PT lainnya yang ada di Indonesia.
Mengembangkan Teknologi Pembelajaran terintegrasi STEAM berarti lulusan memiliki kompetensi yang dalam mengembangkan teknologi pendukung pembelajaran dengan mengintegrasikan Sains (Science), Teknologi (Technology), Rekayasa (Engineering), Seni (Art), dan Matematika (Mathematics) untuk menciptakan pengalaman belajar yang holistik dan bermakna.
B. TUJUAN
- Terwujudnya lulusan yang professional dan islami bidang pendidikan matematika
- Terselenggaranya proses pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi
- Terlaksananya penelitian-penelitian yang kompetitif di bidang pendidikan matematika
- Terpublikasinya hasil karya intelektual dan artikel hasil penelitian pendidikan matematika pada jurnal nasional dan internasional
- Terlaksananya pengabdian masyarakat untuk mewujudkan pendidik matematika yang humanis dan berkepribadian Muhammadiyah
- Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
- Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan
- Menghasilkan lulusan yang mampu mengemas pembelajaran berbasis STEAM dan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter kearifan lokal, dan nasionalis yang berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan
C. STRATEGI
Strategi Prodi Pendidikan Matematika didasarkan dari tujuan yang diturunkan dari visi keilmuan prodi. Berikut strategi Prodi Pendidikan Matematika yang dapat dilihat pada Tabel berikut :
Sasaran |
Strategi Capaian |
Target |
||||
2022 |
2023 |
2024 |
2025 |
2026 |
||
Terwujudnya lulusan yang professional dan islami bidang pendidikan matematika |
Merancang kurikulum berbasis OBE dengan melaksanakan proses pembelajaran berbasis case method dan project methode |
Kurikulum prodi berbasis OBE dengan capaian lulusan terlihat pada Transkip OBE dan 50% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project method |
70% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project methode |
80% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project methode |
90% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project methode |
100% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project methode |
Integrasi nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam proses pembelajaran |
70% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30 |
75% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30 |
80% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30 |
85% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30 |
90% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30 |
|
50% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan |
60% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan |
70% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan |
80% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan |
90% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan |
||
Integrasi nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam penelitian dan pengabdian |
100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian |
100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian |
100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian |
100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian |
100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian |
|
Terselenggaranya proses pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi |
Peningkatan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran berbasis teknologi |
Tersedia smart TV di setiap ruang kelas pembelajaran. Penambahan 3 unit printer 3D. |
Memperoleh perangkat KIT Robotic hasil Kerjasama dengan ARTec Jepang |
Penambahan Smart Board di Ruang Micro Teaching sebagai sarana pendukung pembelajaran |
Penambahan 3 unit perangkat KIT Robotic sebagai sarana pendukung pembelajaran matakuliah STEAM |
Penambahan 3 unit perangkat KIT Robotic sebagai sarana pendukung pembelajaran matakuliah STEAM |
Revitalisasi kurikulum dengan penambahan matakuliah pendukung pemahaman teknologi |
Penambahan mata kuliah wajib : STEAM Penambahan mata kuliah pilihan : – Basis Digital – Multimedia Pendidikan Matematika – Teknologi Media Digital – Desain Website Pembelajaran |
Integrasi mata kuliah STEAM dengan materi Robotic hasil Kerjasama dengan ARTec Jepang |
Implementasi materi Robotic dalam mata kuliah STEAM |
Banchmarking dengan kampus DN ataupun LN terkait penerapan teknologi dalam pembelajaran |
Penambahan matakuliah pilihan : Robotic dan/atau matakuliah lain sejenis disesuaikan dengan perjembangan kebutuhan dunia kerja |
|
Terlaksananya penelitian-penelitian yang kompetitif di bidang pendidikan matematika |
Meningkatkan asistensi penelitian bersama dosen |
15% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen |
20% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen |
25% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen |
30% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen |
40% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen |
Meningkatkan pelatihan – pelatihan penulisan artikel |
50% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel |
50% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel dan mempublikasikannya |
60% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel dan mempublikasikannya |
70% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel dan mempublikasikannya |
80% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel dan mempublikasikannya |
|
Meningkatkan keikutsertaan PKM |
50% mahasiswa mengikuti kegiatan PKM |
60% mahasiswa mengikuti kegiatan PKM |
70% mahasiswa mengikuti kegiatan PKM |
80% mahasiswa mengikuti kegiatan PKM |
90% mahasiswa mengikuti kegiatan PKM |
|
1 judul proposal lolos pendanaan |
2 judul proposal lolos pendanaan |
2 judul proposal lolos pendanaan |
3 judul proposal lolos pendanaan |
5 judul proposal lolos pendanaan |
||
Terpublikasinya hasil karya intelektual dan artikel hasil penelitian pendidikan matematika pada jurnal nasional dan internasional |
Peningkatan jumlah publikasi artikel mahasiswa dan/atau bersama dosen di jurnal nasional dan internasional |
7 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional |
10 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional |
13 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional |
15 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional |
15 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional |
1 artikel mahasiswa terpublikasi di Prosiding internasional |
2 artikel mahasiswa terpublikasi di Prosiding internasional |
5 artikel mahasiswa terpublikasi di Prosiding internasional |
5 artikel mahasiswa terpublikasi di Prosiding internasional |
1 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal internasional |
||
Terlaksananya pengabdian masyarakat untuk mewujudkan pendidik matematika yang humanis dan berkepribadian Muhammadiyah |
Optimalisasi produk atau jasa dosen dan/atau mahasiswa untuk diadobsi oleh masyarakat |
2 produk diadopsi oleh masyarakat |
5 produk diadopsi oleh masyarakat |
10 produk diadopsi oleh masyarakat |
15 produk diadopsi oleh masyarakat |
20 produk diadopsi oleh masyarakat |
Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK) |
Meningkatk an kemampua n mahasiswa dalam literasi digital |
50% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik |
60% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik |
70% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik |
80% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik |
90% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik |
Meningkatkan kompetensi mahasiswa terkait TIK |
Telaksana 2 kegiatan seminar / workshop terkait TIK |
Telaksana 2 kegiatan seminar / workshop terkait TIK |
Telaksana 2 kegiatan seminar / workshop terkait TIK |
5% mahasiswa memiliki sertifikat kompetensi terkait TIK |
10% mahasiswa memiliki sertifikat kompetensi terkait TIK |
|
Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan |
Meningkatkan kerjasama dengan start up |
5% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosika n di start up |
8% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosikan di start up |
10% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosikan di start up |
15% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosikan di start up |
20% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosikan di start up |
Menghasilkan lulusan yang mampu mengemas pembelajaran berbasis STEAM dan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter kearifan lokal, dan nasionalis yang berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan |
Internalisasi nilai karakter, kearifan lokal, dan nasionalis yang berdasarkan Al Islam Kemuhammadiyahan dalam matakuliah |
50% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan |
60% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan |
70% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan |
80% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan |
90% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan |
Internalisasi pembelajaran berbasis STEAM |
10% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM |
15% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM |
20% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM |
30% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM |
40% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM |