Menu
Skip to content

VISI, TUJUAN & STRATEGI MTK

A. VISI KEILMUAN

Menjadi program studi unggul dalam menghasilkan lulusan yang berkarakter dengan penguasaan keilmuan matematika yang mendalam serta keterampilan pedagogis dan mampu bersaing secara global dalam mengembangkan teknologi pembelajaran terintegrasi STEAM

Berkarakter berarti para lulusan Prodi Pendidikan Matematika adalah sosok yang memiliki inetgritas tinggi dalam menjalani peran sebagai seorang pendidik yang dilandasi dengan pemaham aqidah yang bersih/lurus, ibadah yang benar, akhlak yang mulia, fisik yang kuat, intelek dalam berpikir, disiplin, teratur, dan bermanfaat bagi orang lain sesuai dengan tuntunan Al-Qur’an dan As-Sunnah.

Penguasaan Keilmuan Matematika yang Mendalam berarti lulusan memiliki pemahaman mendalam tentang konsep-konsep matematika dasar seperti aljabar, kalkulus, geometri, statistika, dan matematika diskrit. Di dalamnya meliputi: (1) Kemampuan menganalisis masalah matematika, mengidentifikasi pola, dan menerapkan prinsip-prinsip matematika untuk menemukan solusi, (2) Penguasaan logika matematika untuk membangun argumen yang valid dan membuktikan teorema matematika, (3) Keterampilan pemodelan dan komputasi matematika.

Keterampilan Pedagogis berarti lulusan memiliki kemampuan dalam mengelola proses pembelajaran. Ini mencakup berbagai aspek, mulai dari pemahaman tentang bagaimana peserta didik belajar, hingga kemampuan menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menyenangkan.

Bersaing secara Global berarti lulusan memiliki kemampuan daya saing yang tidak hanya di tingkat nasional tetapi mencakup Internasional dan menjadi prodi rujukan bagi PT lainnya yang ada di Indonesia.

Mengembangkan Teknologi Pembelajaran terintegrasi STEAM berarti lulusan memiliki kompetensi yang dalam mengembangkan teknologi pendukung pembelajaran dengan mengintegrasikan Sains (Science), Teknologi (Technology), Rekayasa (Engineering), Seni (Art), dan Matematika (Mathematics) untuk menciptakan pengalaman belajar yang holistik dan bermakna.

 

B. TUJUAN

  1. Terwujudnya lulusan yang professional dan islami bidang pendidikan matematika
  2. Terselenggaranya proses pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi
  3. Terlaksananya penelitian-penelitian yang kompetitif di bidang pendidikan matematika
  4. Terpublikasinya hasil karya intelektual dan artikel hasil penelitian pendidikan matematika pada jurnal nasional dan internasional
  5. Terlaksananya pengabdian masyarakat untuk mewujudkan pendidik matematika yang humanis dan berkepribadian Muhammadiyah
  6. Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK)
  7. Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan
  8. Menghasilkan lulusan yang mampu mengemas pembelajaran berbasis STEAM dan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter kearifan lokal, dan nasionalis yang berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan

C. STRATEGI

Strategi Prodi Pendidikan Matematika didasarkan dari tujuan yang diturunkan dari visi keilmuan prodi. Berikut strategi Prodi Pendidikan Matematika yang dapat dilihat pada Tabel berikut :

Sasaran

Strategi Capaian

Target

2022

2023

2024

2025

2026

Terwujudnya lulusan yang professional dan islami bidang pendidikan matematika

Merancang kurikulum berbasis OBE dengan melaksanakan proses pembelajaran berbasis case method dan project methode

Kurikulum prodi berbasis OBE dengan capaian lulusan terlihat pada Transkip OBE dan 50% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project method

70% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project methode

80% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project methode

90% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project methode

100% pembelajaran mata kuliah berbasis case method dan project methode

Integrasi nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam proses pembelajaran

70% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30

75% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30

80% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30

85% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30

90% lulusan menghafal 30 dari 37 surat juz 30

50% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan

60% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan

70% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan

80% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan

90% matakuliah terintegrasi ayat al qur’an / hadist dalam materi yang diajarkan

Integrasi nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam penelitian dan pengabdian

100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian

100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian

100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian

100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian

100% skripsi mahasiswa memuat ayat / hadist sebagai dasar penelitian

Terselenggaranya proses pembelajaran yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi

Peningkatan sarana dan prasarana pendukung pembelajaran berbasis teknologi

Tersedia smart TV di setiap ruang kelas pembelajaran. Penambahan 3 unit printer 3D.

Memperoleh perangkat KIT Robotic hasil Kerjasama dengan ARTec Jepang

Penambahan Smart Board di Ruang Micro Teaching sebagai sarana pendukung pembelajaran

Penambahan 3 unit perangkat KIT Robotic sebagai sarana pendukung pembelajaran matakuliah STEAM

Penambahan 3 unit perangkat KIT Robotic sebagai sarana pendukung pembelajaran matakuliah STEAM

Revitalisasi kurikulum dengan penambahan matakuliah pendukung pemahaman teknologi

Penambahan mata kuliah wajib : STEAM

Penambahan mata kuliah pilihan :

–       Basis Digital

–       Multimedia Pendidikan Matematika

–       Teknologi Media Digital

–       Desain Website Pembelajaran

Integrasi mata kuliah STEAM dengan materi Robotic hasil Kerjasama dengan ARTec Jepang

Implementasi materi Robotic dalam mata kuliah STEAM

Banchmarking dengan kampus DN ataupun LN terkait penerapan teknologi dalam pembelajaran

Penambahan matakuliah pilihan : Robotic dan/atau matakuliah lain sejenis disesuaikan dengan perjembangan kebutuhan dunia kerja

Terlaksananya penelitian-penelitian yang kompetitif di bidang pendidikan matematika

Meningkatkan asistensi penelitian bersama dosen

15% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

20% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

25% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

30% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

40% mahasiswa ikut serta dalam penelitian bersama dosen

Meningkatkan pelatihan – pelatihan penulisan artikel

 50% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel

50% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel dan mempublikasikannya

60% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel dan mempublikasikannya

70% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel dan mempublikasikannya

80% mahasiswa ikut serta dalam pelatihan penulisan artikel dan mempublikasikannya

Meningkatkan keikutsertaan PKM

50% mahasiswa mengikuti kegiatan  PKM

60% mahasiswa mengikuti kegiatan  PKM

70% mahasiswa mengikuti kegiatan  PKM

80% mahasiswa mengikuti kegiatan  PKM

90% mahasiswa mengikuti kegiatan  PKM

1 judul proposal lolos pendanaan

2 judul proposal lolos pendanaan

2 judul proposal lolos pendanaan

3 judul proposal lolos pendanaan

5 judul proposal lolos pendanaan

Terpublikasinya hasil karya intelektual dan artikel hasil penelitian pendidikan matematika pada jurnal nasional dan internasional

Peningkatan jumlah publikasi artikel mahasiswa dan/atau bersama dosen di jurnal nasional dan internasional

7 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional

10 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional

13 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional

15 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional

15 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal Nasional

1 artikel mahasiswa terpublikasi di Prosiding internasional

2 artikel mahasiswa terpublikasi di Prosiding internasional

5 artikel mahasiswa terpublikasi di Prosiding internasional

5 artikel mahasiswa terpublikasi di Prosiding internasional

1 artikel mahasiswa terpublikasi di Jurnal internasional

Terlaksananya pengabdian masyarakat untuk mewujudkan pendidik matematika yang humanis dan berkepribadian Muhammadiyah

Optimalisasi produk atau jasa dosen dan/atau mahasiswa untuk diadobsi oleh masyarakat

2 produk diadopsi oleh masyarakat

5 produk diadopsi oleh masyarakat

10 produk diadopsi oleh masyarakat

15 produk diadopsi oleh masyarakat

20 produk diadopsi oleh masyarakat

Menghasilkan lulusan yang mampu menguasai teknologi informasi dan komunikasi (TIK)

Meningkatk an kemampua n mahasiswa  dalam literasi digital

50% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik

60% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik

70% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik

80% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik

90% mahasiswa memiliki kemampuan literasi digital yang baik

Meningkatkan kompetensi mahasiswa terkait TIK

Telaksana 2 kegiatan seminar / workshop terkait TIK

Telaksana 2 kegiatan seminar / workshop terkait TIK

Telaksana 2 kegiatan seminar / workshop terkait TIK

5% mahasiswa memiliki sertifikat kompetensi terkait TIK

10% mahasiswa memiliki sertifikat kompetensi terkait TIK

Menghasilkan lulusan yang memiliki jiwa kewirausahaan

Meningkatkan kerjasama dengan start up

5% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosika n di start up

8% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosikan di start up

10% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosikan di start up

15% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosikan di start up

20% mahasiswa memiliki memiliki usaha yang dipromosikan di start up

Menghasilkan lulusan yang mampu mengemas pembelajaran berbasis STEAM dan dengan mengintegrasikan nilai-nilai karakter kearifan lokal, dan nasionalis yang berdasarkan Al Islam dan Kemuhammadiyahan

Internalisasi nilai karakter, kearifan lokal, dan nasionalis yang berdasarkan Al Islam Kemuhammadiyahan dalam matakuliah

50% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan

60% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan

70% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan

80% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan

90% matakuliah berbasis nilai karakter, karifan lokal, nasionalis, dan Al Islam Kemuhammadiyahan

Internalisasi pembelajaran berbasis STEAM

10% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM

15% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM

20% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM

30% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM

40% mahasiswa praktik mengajar mampu menerapkan pembelajaran berbasis STEAM