A. VISI KEILMUAN
Menghasilkan lulusan yang Unggul di bidang olahraga berbasis Al Islam Kemuhammadiyahan, berorientasi pada perkembangan IPTEK, dan kebutuhan masyarakat pada tingkat nasional dan global.
B. TUJUAN
- Menghasilkan alumni yang berkepribadian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan
- Terwujudnya manajemen akademik, sumber daya dan mutu yang berbasis perencanaan dan Information Technology (IT) yang mengacu pada terciptanya layanan yang bertata kelola baik
- Terwujudnya sistem pendidikan berbasis kompetensi, keahlian, dan soft skills yang terintegrasi dengan dunia pendidikan
- Terwujudnya suasana akademik yang kondusif untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing global di bidang Pendidikan Olahraga
- Terlaksananya matakuliah berbasis komputer dan media pembelajaran dibidang keilmuan dan kependidikan olahraga
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang berkaitan dengan pengembangan Pendidikan Olahraga
- Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pengembangan profesionalisme sebagai tenaga pendidik
- Terwujudnya kerjasama antar lembaga di tingkat regional, nasional dan internasional
C. STRATEGI
No | Tujuan | Strategi Pencapaian | TAHUN | ||||
2023 | 2024 | 2025 | 2026 | 2027 | |||
1 | Menghasilkan alumni yang berkepribadian Al-Islam dan Kemuhammadiyahan . | Pengembangan budaya kampus Islami | 100% Mata kuliah di Prodi Pendidikan Olahraga telah terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahaan | 50% Aktifitas mahasiswa secara akademik dan non akademik di Prodi Pendidikan Olahraga telah terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahaan | 60% Aktifitas mahasiswa secara akademik dan non akademik di Prodi Pendidikan Olahraga telah terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahaan | 80% Aktifitas mahasiswa secara akademik dan non akademik di Prodi Pendidikan Olahraga telah terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahaan | 100% Aktifitas mahasiswa secara akademik dan non akademik di Prodi Pendidikan Olahraga telah terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahaan |
Penelitian Pengabdian Pada Bidang Al-Islam Kemuhammadiyahan | 50% Penelitian Dan Pengabdian masyarakat Dosen dan Mahasiswa terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahaan | 60% Penelitian Dan Pengabdian masyarakat Dosen dan Mahasiswa terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahaan | 80% Penelitian Dan Pengabdian masyarakat Dosen dan Mahasiswa terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahaan | 100% Penelitian Dan Pengabdian masyarakat Dosen dan Mahasiswa terintegrasi dengan Al Islam Kemuhammadiyahaan | 100% | ||
Pengkaderan Organisasi Muhammadiyah | 30% Dosen dan Mahasiswa menjadi kader organisasi muhammadiyah | 40% Dosen dan Mahasiswa menjadi kader organisasi muhammadiyah | 50% Dosen dan Mahasiswa menjadi kader organisasi muhammadiyah | 60% Dosen dan Mahasiswa menjadi kader organisasi muhammadiyah | 70% Dosen dan Mahasiswa menjadi kader organisasi muhammadiyah | ||
2
| Terwujudnya manajemen akademik, sumber daya dan mutu yang berbasis perencanaan dan Information Technology (IT) yang mengacu pada terciptanya layanan yang bertata kelola baik | Pembangunan sistem manajemen akademik berbasis IT (Sistem Informasi Akademik dan Manajemen Kurikulum). | 70% Semua aktivitas yang berkaitan dengan akademik telah berbasis IT (Siakad) | 80% Semua aktivitas yang berkaitan dengan akademik telah berbasis IT (Siakad) | 90% Semua aktivitas yang berkaitan dengan akademik telah berbasis IT (Siakad) | 100% Semua aktivitas yang berkaitan dengan akademik telah berbasis IT (Siakad) | 100% Semua aktivitas yang berkaitan dengan akademik telah berbasis IT (Siakad) |
Pengembangan SDM dosen dan tenaga kependidikan yang berbasis kompetensi dan kebutuhan program studi. | 25% Terlaksananya peningkatan kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan | 50% Terlaksananya peningkatan kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan | 80% Terlaksananya peningkatan kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan | 90% Terlaksananya peningkatan kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan | 100% Terlaksananya peningkatan kompetensi Dosen dan Tenaga Kependidikan | ||
Penyusunan kurikulum berbasis kompetensi dan perkembangan teknologi olahraga. | 30% | 50% | 60% | 90% | 100% | ||
Sistem tata kelola berbasis IT yang efisien dan transparan. | 100% Sudah terlaksananya sistem tata kelola akademik dan kepegawaian yang terintegrasi SIAKAD | 100% Sudah terlaksananya sistem tata kelola akademik dan kepegawaian yang terintegrasi SIAKAD | 100% Sudah terlaksananya sistem tata kelola akademik dan kepegawaian yang terintegrasi SIAKAD | 100% Sudah terlaksananya sistem tata kelola akademik dan kepegawaian yang terintegrasi SIAKAD | 100% Sudah terlaksananya sistem tata kelola akademik dan kepegawaian yang terintegrasi SIAKAD | ||
3 | Terwujudnya sistem pendidikan berbasis kompetensi, keahlian, dan soft skills yang terintegrasi dengan dunia pendidikan
| Evaluasi Kualitas Pendidikan | 30% | 50% | 60% | 65% | 70% |
Pengembangan Soft Skills | Pelaksanaan minimal 2 kali pelatihan Soft Skills dalam setahun | Pelaksanaan minimal 3 kali pelatihan Soft Skills dalam setahun | Pelaksanaan minimal 4 kali pelatihan Soft Skills dalam setahun | Pelaksanaan minimal 5 kali pelatihan Soft Skills dalam setahun | Pelaksanaan minimal 6 kali pelatihan Soft Skills dalam setahun | ||
Kerja Sama dengan Industri dan Praktisi Olahraga | Pelaksanaan minimal 2 kerjasama praktisi olahraga | Pelaksanaan minimal 3 kerjasama praktisi olahraga | Pelaksanaan minimal 4 kerjasama praktisi olahraga | Pelaksanaan minimal 5 kerjasama praktisi olahraga | Pelaksanaan minimal 6 kerjasama praktisi olahraga | ||
Sertifikasi Keahlian di Bidang Olahraga | 20% Dosen dan Mahasiswa Memiliki Sertfikat Kompetensi di Bidang Olahraga | 40% Dosen dan Mahasiswa Memiliki Sertfikat Kompetensi di Bidang Olahraga | 50% Dosen dan Mahasiswa Memiliki Sertfikat Kompetensi di Bidang Olahraga | 55% Dosen, Tendik dan Mahasiswa Memiliki Sertfikat Kompetensi di Bidang Olahraga | 60% Dosen dan Mahasiswa Memiliki Sertfikat Kompetensi di Bidang Olahraga | ||
4 | Terwujudnya suasana akademik yang kondusif untuk menghasilkan lulusan yang bermutu dan berdaya saing global di bidang Pendidikan Olahraga
| Kurikulum berbasis OBE | 80% Mata Kuliah Berbasis OBE | 85% Mata Kuliah Berbasis OBE | 90% Mata Kuliah Berbasis OBE | 95% Mata Kuliah Berbasis OBE | 100% Mata Kuliah Berbasis OBE |
Meningkatkan Peran Pusat Bahasa dan Budaya Dalam Meningkatkan Kemampuasn Bahasa Asing | 70% Mahasiswa Memiliki Skor TOEFL > 400 | 75% Mahasiswa Memiliki Skor TOEFL > 400 | 80% Mahasiswa Memiliki Skor TOEFL > 400 | 90% Mahasiswa Memiliki Skor TOEFL > 400 | 100% Mahasiswa Memiliki Skor TOEFL > 400 | ||
Meningkatkan Kualitas Pembelajaran Micro Reflectif . | 75% Mahasiswa Memiliki Best Practice yang baik | 80% Mahasiswa Memiliki Best Practice yang baik | 85% Mahasiswa Memiliki Best Practice yang baik | 90% Mahasiswa Memiliki Best Practice yang baik | 100% Mahasiswa Memiliki Best Practice yang baik | ||
5 | Terlaksananya matakuliah berbasis komputer dan media pembelajaran dibidang keilmuan dan kependidikan olahraga | Peningkatan Keterampilan Dosen dalam Teknologi Pembelajaran | 80% Kemampuan Dosen Mengintegrasikan Perkuliahan Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) | 90% Kemampuan Dosen Mengintegrasikan Perkuliahan Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) | 100% Kemampuan Dosen Mengintegrasikan Perkuliahan Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) | 100% Kemampuan Dosen Mengintegrasikan Perkuliahan Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) | 100% Kemampuan Dosen Mengintegrasikan Perkuliahan Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) |
Integrasi Mata Kuliah Berbasis Komputer dalam Kurikulum Pendidikan Olahraga | 60% Matakuliah Terintegrasi Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) | 70% Terintegrasi Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) | 80% Terintegrasi Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) | 90% Terintegrasi Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) | 100% Terintegrasi Dengan Teknologi Pembelajaran (TPACK) | ||
6 | Meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitian yang berkaitan dengan pengembangan Pendidikan Olahraga | Meningkatkan Asistensi Penelitian Bersama Dosen | 10% Mahasiswa Terlibat Dalam Penelitian Dosen | 15% Mahasiswa Terlibat Dalam Penelitian Dosen | 20% Mahasiswa Terlibat Dalam Penelitian Dosen | 25% Mahasiswa Terlibat Dalam Penelitian Dosen | 30% Mahasiswa Terlibat Dalam Penelitian Dosen |
7 | Meningkatkan kualitas dan kuantitas pengabdian masyarakat yang berorientasi pada pengembangan profesionalisme sebagai tenaga pendidik | Peningkatan Kompetensi Dosen dan Mahasiswa dalam Program PKM | 25% Mahasiswa Mengikuti PKM | 30% Mahasiswa Mengikuti PKM | 35% Mahasiswa Mengikuti PKM | 40% Mahasiswa Mengikuti PKM | 45% Mahasiswa Mengikuti PKM |
Peningkatan Jumlah Program Pengabdian Masyarakat | 100% Dosen Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Tingkat Nasional | 100% Dosen Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Tingkat Nasional | 87,5% Dosen Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Tingkat Nasional dan 12,5% di tingkat Internasional | 75% Dosen Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Tingkat Nasional dan 25% di tingkat Internasional | 62,5% Dosen Melakukan Kegiatan Pengabdian Masyarakat di Tingkat Nasional dan 37,5% di tingkat Internasional | ||
8 | Terwujudnya kerjasama antar lembaga di tingkat regional, nasional dan internasional |
Pengembangan Kerjasama Regional | 87,5% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat regional | 75% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat regional | 62,5% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat regional | 50% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat regional | 40% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat regional |
Pengembangan Kerjasama Nasional | 10% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat nasional | 20% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat nasional | 30% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat nasional | 40% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat nasional | 50% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat nasional | ||
Pengembangan Kerjasama Internasional | 2,5% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat internasional | 5% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat internasional | 7,5% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat internasional | 10% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat internasional | 10% Dosen dan mahasiswa Melakukan implementasi kerjasama lembaga di Tingkat internasional |